Latar belakang Cabang Olahraga Senam

Latar belakang Cabang Olahraga Senam
Senam merupakan suatu cabang olahraga yang melibatkan performa gerakan yang membutuhkan kekuatan, kecepatan dan keserasian gerakan fisik yang teratur. Bentuk modern dari senam ialah : Palang tak seimbang, balok keseimbangan, senam lantai. Bentuk-bentuk tersebut konon berkembang dari latihan yang digunakan oleh bangsa Yunani kuno untuk menaiki dan menuruni seekor kuda dan pertunjukan sirkus.

Senam biasa digunakan orang untuk rekreasi, relaksasi atau menenangkan pikiran, biasanya ada yang melakukannya di rumah, di tempat fitness, di gymnasium maupun di sekolah.
Sekarang, sejak kecil banyak anak sudah terbiasa diajarkan senam, baik oleh orang tua, maupun oleh pengajar olahraga di sekolah.
Senam sangat penting untuk pembentukan kelenturan tubuh, yang menjadi arti penting bagi kelangsungan hidup manusia.
Senam ada berbagai macam, diantaranya senam lantai, senam hamil, senam aerobik, senam pramuka, Senam Kesegaran Jasmani (SKJ), dll. Biasanya di sekolah dasar, guru-guru mengajarkan senam-senam yang mudah dicerna oleh murid, seperti SKJ dan senam pramuka. Namun ketika beranjak remaja, banyak orang melakukan senam aerobik, ataupun senam lain termasuk meditasi untuk menenangkan diri.




1. Senamsenam dalam bahasa inggris disebut “Gymnastic” yang berasal dari kata“Gymnos” bahasa Greka (yunani) yang berarti berpakaian minim atau telanjang. OrangYunani kuno melakukan latihan senam di ruangan khusus yang disebut “Gymnasium”atau “Gymnasion”. Tujuannya ialah untuk mendapatkan kekuatan dan keindahan jasmani. Cara melakukannya sambil berpakaian minim atau telanjang. Maksudnyamungkin agar dapat leluasa bergerak. Namun yang melakukan senam ini hanya kaum pria.Senam di negeri kita sudah dikenal sejak zaman penjajahan Belanda. Waktu itunamanya “Gymnastiek” sedangkan pada zaman jepang dinamakan “Taiso”. Pemakaianistilah senam sendiri kemungkinan bersamaan dengan pemakaian kata olahraga sebagai pengganti kata sport.Senam sejak zaman Yunani kuno sampai sekarang telah mengalami perkembangan demikian pesat, seiring dengan kemajuan di bidang ilmu dan teknologi.Perkembangan itu terlihat dalam bentuk-bentuk gerakan, teknologi. Perkembangan ituterlihat dalam bentuk-bentuk gerakan, sistimatika latihan maupun ujuan-tujuannya.Apakah senam itu? Untuk menjawab pertanyaan demikian sebaiknya diberi jawaban dengan mengemukakan batasan. Tapi itu tidaklah mudah disebabkan ruanglingkup senam sekarang demikian luasnya. Namun batasan itu perlu untuk membedakansenam dengan cabang olahraga lainnya, untuk itu perlu dikemukakan dulu apa cirri-ciridan kaidah-kaidah senam itu.
Ciri dan kaidah senam ialah :
•Bahwa gerakan-gerakan latihannya selalu dapat direncanakan, dipilih dandiciptakan oleh guru, pelatih bahkan oleh pelaku sendiri.
•Bahwa gerakan latihannya terpilih itu harus disusun secara sistematis (merupakansuatu kebulatan latihan)
•Penyusunan dan pemilihan gerakan itu harus sesuai dengan prinsip-prinsiptertentu sesuai dengan tujuan atau kebutuhan si pelaku.Dengan melihat ciri-ciri dan kaidah-kaidah tersebut maka batasan mengenai senamdapat dirumuskan sebagai berikut:


“Senam adalah latihan jasmani/olahraga yang bentuk-bentuk gerakannya dipilih dandisusun secara sistematis berdasarkan prinsip-prinsip tertentu sesuai dengan kebutuhanatau tujuan si penyusun”.Dari batasan di atas dapat diambil kesimpulan bahwa setiap orang guru atau pelatiholahraga dapat menentukan tujuan, memilih dan menyusun latihannya sendiri sesuaidengan kebutuhan atau tujuan untuk apa. Mungkin untuk memelihara kesegaran jasmani,menambah keterampilan, keindahan bentuk dan lain-lain.
Unsur-unsur senam


unsur pertama dari senam ialah “Calesthenic” berasal dari bahasa Greka (Yunani):“Kallos” yang artinya indah dan “stenos” yang artinya kekuatan. Jadi Calesthenic berartilatihan jasmani untuk menambah kekuatan dan keindahan. Latihan ini biasanya dilakukandengan atau tanpa alat. Calesthenic disebut juga dalam bahasa inggris “Free Exercise”atau latihan bebas. Termasuk ke dalam golongan ini adalah senam pagi atau senamkamar, senam kondisi dan senam pendahuluan, semacam latihan senam yang mendahuluilatihan olahraga lainnya. Gerakan-gerakan senam Calesthenic sebagai contoh misalnya:membungkukkan badan ke depan sedalam-dalamnya kemudian merentangkannyakebelakang sejauh-jauhnya; memutar badan ke samping kiri dan kanan; melakukangerakan push-ups, dll.


b. Tumbling 
unsure ke-dua ialah “Tumbling” yang berasal dari kata “Tombolan” (Italia) yangartinya melompat, melenting dan mengguling. “Tumbling” berarti gerakan-gerakanmelompat, melenting, mengguling dan berjungkir balik secara berirama. Tumbling atau“akrobatik” adalah suatu ketangkasan gerak putar pada poros-poros tubuh. Pada saat badan berputar bila tangan bertumpu (satu atau dua tangan) maka terjadilah gerakan handspring, kip, flic-flac dan cart wheel (baling-baling). Kalau tangan-tangan tidak bertumpumaka terjadilah gerakan salto (sommersault).2. Senam kondisisenam kondisi adalah senam untuk memelihara atau juga meningkatkan kondisi jasmani. Kata “kondisi” dari kata bahasa inggris “condition” yang artinya keadaan atau persyaratan untuk… “in condition” artinya dalam keadaan baik, dalam keadaan siap.“physical conditioning” adalah latihan jasmani untuk meningkatkan dan memeliharakemampuannya (kesegarannya). Jadi senam kondisi adalah termasuk kepada physicalconditioning. Tetapi mengenai cara memilih dan menyusun latihannya tetap berdasarkanciri-ciri dan kaidah-kaidah senam.3. Kesegaran Jasmanisecara fungsional pengertian kesegaran jasmani ialah “derajat kemampuanseseorang untuk melaksanakan pekerjaan tertentu yang bersifat jasmaniah yangmemerlukan persyaratan tertentu”. Persyaratan-persyaratan tersebut dapat berupa persyaratan anatomis (menyangkut struktur tubuh) seperti ukuran dan bentuk tubuh,tinggi badan dan lain-lain, tapi dapat juga persyaratan yang bersifat fungsional sepertikekuatan, daya tahan, kecepatan dan lain-lain.Sebagai contoh misalnya untuk pekerjaan sebagai juru tulis di kantor tidak diperlukan persyaratan ukuran tinggi dan berat badan ataupun kekuatan sebagaimanahalnya diperlukan oleh seseorang pemain bola Voli.Pengertian lain mengenai kesegaran jasmani ialah bila kita mengambil dari bahasainggris yaitu “physical Fitness” yang berarti keselarasan atau kecocokan jasmaniah. Yangdimaksud dengan selaras atau cocok disini ialah kesesuaiannya dengan pekerjaan yangharus dilakukannya. Jika demikian maka pengertian kesegaran jasmani itu ialah tingkatkesesuaian jasmaniah seseorang dengan pekerjaannya.Kesegaran jasmani hanya dapat dipertahankan atau ditingkatkan dengan bekerjaatau berolahraga secara teratur dengan beban atau porsi yang sesuai dengan persyaratan jenis pekerjaan yang bersangkutan. Kekurangan gerak berakibat menurunnyakemampuan jasmani seperti lemah dan cepat menjadi lelah. Dalam keadaan demikianorang mudah dihinggapi penyakit. Keadaan demikian biasa disebut tidak dalam kondisi(out of condition) atau tidak fit atau sudah tidak cocok untuk mengerjakan pekerjaannya.Untuk mengembalikan kepada keadaan cocok atau fit maka yang bersangkutan perlumelakukan latihan yang dapat meningkatkan kesegarannya. Yaitu latihan yang dipilihdan disusun secara sistematis dan bertahap sesuai dengan kebutuhannya.


Sumber: wikipedia


Artikel Yang Disukai :



 
Copyright © DUNIA OLAH RAGA | Powered by Blogger