OLAHRAGA SENAM

OLAHRAGA SENAM 

Senam adalah olahraga yang membutuhkan kekuatan fisik, kelenturan, dan keindahan gerak. Dalam olahraga ini kita bisa melihat atlet-atletnya melakukan gerakan jungkir balik ke belakang (handspring), berdiri tegak menggunakan kedua tangan dengan posisi kepala di bawah kaki di atas (handstand), dan berguling (forward rolls).

Senam terbagi menjadi beberapa kategori, seperti ritmik dan artistik. Di kategori artistik, alat-alat yang digunakan terdiri dari meja lompat, palang sejajar, palang bertingkat, palang tunggal, lantai, balok keseimbangan, gelang-gelang, kuda-kuda pelana.


Senam Ritmik
Ritmik merupakan satu-satunya cabang senam yang dikhususkan bagi pesenam wanita. Selain menggunakan musik yang mendukung gerakan dan keindahan pesenam, senam ini juga menggunakan beberapa alat, seperti bola, tali, pita, simpai, dan tongkat.

Nilai Sempurna
Seorang atlet senam mendapatkan nilai berdasarkan tingkat kesulitan gerakan, yang bisa dikurangi jika ia melakukan kesalahan. Nilai ini antara 1 - 10. Nilai 10 merupakan nilai tertinggi yang diberikan bagi atlet yang melakukan gerakan dengan sempurna.

Fakta Menarik 
Nadia Comaneci, atlet senam asal Rumania, menjadi orang pertama yang memperoleh nilai sempurna 10 di olimpiade tahun 1976.


Artikel Yang Disukai :



 
Copyright © DUNIA OLAH RAGA | Powered by Blogger