INFO OLAHRAGA DAYUNG


Olahraga dayung merupakan sebuah olahraga yang menggunakan dayung dan berlangsung di atas sungai, danau, dan laut. 

Dalam teknik mendayung dengan oar hanya dikenal dua macam kayuhan yaitu dayung maju dan dayung mundur. 

Jika menginginkan perahu bergerak kedepan maka digunakan dayung maju sedangkan dayung mundur untuk menghentikan perahu yang sedang bergerak maju atau memang menginginkan perahu bergerak mundur. Jika ingin membelokkan perahu ke kanan maka tangan kiri mendayung maju dan tangan kanan mendayung mundur,dan sebaliknya jika ingin membelok kekiri.


"PERKEMBANGAN DAYUNG"
Perkembangan Olahraga Dayung
Sesuai perkembangan zaman, olahraga dayung dari waktu ke waktumengalami perkembangan. Perkembangan tersebut terdiri dari beberapa tinjauanyaitu, perkembangan dayung dunia, dayung Indonesia dan perkembangan dayung di Kabupaten Simeulue.

Olympiade ke-VIII diselenggarakan pada tanggal 13-15 Juli 1924, di SungaiSeine, Paris Prancis. Bersamaan dengan event-event dayung, The Exhibition of the Canadian Canoe diselenggarakan. Jumlah perwakilan dari berbagai Negaradibatasi. Kanada dan Amerika serikat mengirim peserta mereka untuk diperlombakan didalam 6 event. Perlombaan yang berjarak 800 meter dantermasuk single, double dan empat. Menariknya perahu-perahu yang samadigunakan untuk kedua perlombaan kayak dan canoe. Peserta Kanadamemenangkan semua event-event perlombaan canoe.

1. Sejarah Olahraga Dayung
Secara umum, sejarah olahraga dayung itu sendiri tidak bisa ditentukan bangsa mana yang pertama kali menemukan olahraga tersebut. Hal tersebutdikarenakan sejarah olahraga dayung sudah ada sejak zaman kuno sampaimodern, dimana pada masa itu manusia belum mengenal tulisan, sehingga sangatsulit para ahli sejarah olahraga dayung untuk mengungkapkan dengan secara pastidari negara mana olahraga dayung berasal. Dayung sudah ada sejak dulu, karenadasarnya dari kapal yang dikayuh dengan dayung. Hanya saja, belum ada balapanatau lomba seperti sekarang. Catatan orang mesir pada 1430 sebelum Masehi,menyatakan bahwa pejuang Amenhotep atau Amenopis II terkenal dalam halmendayung. Di kepulauan Aenea, para gadis melakukan salah satu acara pemakaman yang dibuat oleh Aeneas untuk menghormati ayahnya. Pada abad ke13, orang Venesia mengadakan festival Regata yang didalamnya terdapat balap perahu antara satu dengan yang lain.Dalam penelitian ini, penulis mengklasifikasikan sejarah olahraga dayungke dalam dua bagian, yaitu sejarah olahraga kuno dan sejarah olahraga modern.

2. Sejarah Olahraga Dayung Kuno

Olahraga Canoe dan kayak adalah secara relatif baru. Meskipun pengunaan jenis-jenis perahu ini kembali mengenang pada zaman batu. Kayak kemungkinan berasal dari Greenland. Dimana suku Eskimo telah mengunakannya untuk berburu

3. Sejarah Olahraga Dayung Modern

Olahraga Dayung sudah dikenal sejak zaman sebelum masehi, tetapi baru pada abad ke-16 diresmikan sebagai bentuk olahraga. Menurut catatan sungaiThames di Ingris sering menimbulkan kecelakaan karena dipakai sebagai saranalalu lintas. Raja Hendri VIII mengeluarkan peraturan, hanya pendayung yangmemiliki izin yang boleh melewati perairan Thames.Sejak saat itu, banyak masyarakat yang ingin tampil menjadi pendayungyang baik. Kemudian munculnya berbagai perlombaan untuk memperebutkangelar-gelar pendayung terbaik selanjutnya, berkembang kegiatan ini menjadi suatucabang olahraga. Perlombaan-perlombaan mulai menjamur. Sekitar abad ke-19, para mahasiswa Inggris mulai tertarik dengan olahraga ini,

TIPS PEMILIHAN KAYAK




1. Berdasarkan Ukuran dan berat
Ukuran memegang peranan penting dalam pemilihan kayak yang sesuai. jenis kayak di sesuaikan dengan postur tubuh.

2. Keseimbangan
  • Keseimbangan sangat perlu dalam memilih kayak. kayak yang berbadan panjang dan lebar ukurannya memiliki keseimbangan yang tinggi.
  • Keseimbangan terdiri dari: keseimbangan primer dan keseimbangan skunder.
  • Keseimbangan Primer adalah, Keseimbangan yang susah untuk berbalik dan cukup stabil, dan akan mudah terbalik apabila sudah lepas dari pusat gravitasinya.
  • Keseimbangan Sekunder adalah, keadaan yang tidak begitu stabil bila berada di dalam perahu, dan sulit untuk berbalik apabila telah melepasi pusat gravitasinya.

3.Rocker
Rocker dimaksud adalah, cekukan pada bagian bawah (hull) hingga kebagian bow atau stem.


Artikel Yang Disukai :



 
Copyright © DUNIA OLAH RAGA | Powered by Blogger