CARA MELAKUKAN PUSH UP YANG TEPAT




Bagaimana cara push up yang benar? 

Pada dasarnya, melakukan olahraga push up sangatlah mudah. Namun bukan berarti Anda tidak memperhatikan segala sesuatu yang terdapat di dalamnya. Berikut kami berikan cara push up yang benar:

  • Memang olahraga push up sangat mudah dan praktis. Banyak orang yang menganggap, gerakan push up harus dilakukan di atas alas atau matras. hal ini tidak benar seba menurut beberapa ahli, cara melakukan push up yang benar justru harus tanpa matras. Jadi lakukan saja di atas lantai atau permukaan lainnya tanpa matras, misalnya lapangan olahraga.
  • Saat memulau push up, pastikan poisis Anda lebar di lantai. Jangan terlalu menyempit dan juga jangan terlalu melebar. Luruskan saja lengan Anda ke bawah. Sementara itu pada bagian kaki menumpu pada ujung jari-jari kaki Anda. Dengan demikian, tubuh bisa ditopang dengan sempurna dan juga lurus.
  • Selanjutnya, secara perlahan tekuk siku dan kemudian turunkan posisi bahu Anda sampai pada sikut sehingga membentuk sudut sejumlah 90 derajat. Gerakan ini dilakukan dengan dibarengi kegiatan membuang napas secara teratur.
  • Saat posisi Anda kembali ke atas, saatnya Anda menarik napas yang panjang. Dan saat posisi Anda kembali turun, buanglah napas secara perlahan. Hal ini akan ikut melatih perut Anda.
  • Pada posisi ke atas, usahakan sampai lengan Anda kembali lurus sempurna sebelum kembali pada posisi ke bawah.
cukup sederhana bukan?
Cara melakukan push up yang benar adalah pada saat perut seseorang sedang kosong yakni pada malam dan juga pagi hari. Jika Anda seorang pemula, sebaiknya melakukan gerakan push up sebanyak 2 seri setiap harinya, bisa pagi maupun malam. Setiap seri terdiri atas 25 gerakan naik-turun. Selanjutnya, jumlah bisa Anda tingkatkan sesuai dengan kemampuan dan keinginan Anda. Dengan memperhatikan cara push up yang benar, Anda bisa memperoleh manfaat push up secara maksimal yakni mengencangkan otot Anda terutama bagian lengan, mencegah terjadinya osteoporosis, membuat usia Anda lebih panjang (sesuai dengan penelitian University of Greifswald), meratakan perut Anda yang buncit dan masih banyak lagi lainnya! Jadi, siapa bilang olahraga itu ribet?


Artikel Yang Disukai :



 
Copyright © DUNIA OLAH RAGA | Powered by Blogger