Kemacetan, Momok Olimpiade 2012

Kemacetan menjadi salah satu kekhawatiran besar masyarakat London selama Olimpiade 2012. Selain jalan-jalan di London tergolong relatif kecil, kapasitas kendaraan selama Olimpiade dari 27 Juli sampai 12 Agustus itu dipastikan bakal membeludak.


Kekhawatiran ini sudah mulai menjadi wacana masyarakat London. Bahkan, menurut staf agen perjalanan Gullivers, Alex, beberapa warga London sudah berencana meninggalkan kota tersebut. Mereka pilih menghabiskan waktu di kota lain atau luar negeri.

Pasalnya, panitia membuat jalur khusus untuk olimpiade sepanjang 170 mil untuk di seluruh Inggris dan 109 mil di antaranya ada di London. Jalur bernama Olympic Route Network (ORN) itu mengambil jalan yang sudah ada. Dengan demikian, jatah jalan untuk kendaraan umum dipastikan akan berkurang. Jalur itu akan berlaku dua hari sebelum olimpiade dan tak boleh dilewati pengguna jalan lain.

Padahal, selama olimpiade, aktivitas dan jumlah manusia bakal meningkat pesat. Apalagi jalan-jalan di London sebenarnya tak terlalu besar.

Kemacetan terparah diperkirakan akan terjadi pada hari pembukaan dan penutupan. Selain itu, pada 28 dan 29 Juli diperkirakan London juga akan sangat padat dan lalu lintas menjadi macet. Pasalnya, pada dua hari itu digelar balap sepeda jalan raya.

Selain memakan jalan umum, olahraga ini menjadi salah satu favorit di Inggris. Animo masyarakat untuk menonton jelas akan sangat besar.

Yang paling ngeri adalah flyover Hammersmith. Jalan itu pasti akan macet total. Selain kecil, flyover itu menjadi jalan penghubung utama antara Bandara Heathrow dan London. Padahal, ORN berada antara Bandara Heathrow dan Stadion Olimpiade di London timur.

Bandara berada di London sebelah barat. Sementara aktivitas olimpiade akan terpusat di timur, tempat Stadion Olimpiade London berada dan pusat kota.

"Sudah pasti flyover itu akan menjadi sumber kemacetan parah. Hari biasa saja jalan itu sering macet, apalagi pada olimpiade nanti," keluh Nancy, salah seorang warga London.

BBC memperkirakan, sebanyak tiga juta manusia akan mendatangi London selama olimpiade. Artinya, kota ini akan semakin padat, sementara fasilitas jalan berkurang. Kendaraan umum juga bakal padat.

Bahkan, Pemerintah Inggris sudah mengampanyekan agar masyarakat bekerja di rumah selama olimpiade jika pekerjaan mereka bisa dikerjakan di rumah. Adapun yang terpaksa harus ke kantor, mereka diimbau untuk tak langsung pulang setelah selesai bekerja. Pasalnya, angkutan umum pasti akan penuh sesak.

Subway atau kereta bawah tanah juga dinilai kurang memadai selama olimpiade. Oleh karena itu, para komuter diharapkan menunda pulang dulu, minum bir, teh atau kopi, sambil menunggu malam agar tak berdesakan di subway atau bus kota.


Artikel Yang Disukai :



 
Copyright © DUNIA OLAH RAGA | Powered by Blogger