Pencipta "Hattrick" di Euro

Sepanjang 13 edisi Euro atau Piala Eropa, hanya tercipta delapan hattricksaja.

Mencetak tiga gol sekaligus dalam satu pertandingan di turnamen paling bergengsi di seantero Eropa adalah hal yang sulit. Ternyata sepanjang putaran final Euro hanya tujuh pemain yang mampu melakukan hattrick tersebut. 

Berikut para pemain yang sukses mencetak trigol di Piala Eropa seperti yang kami sitat dari UEFA.

Dieter Muller
Tampil di debut pertandingan internasional, Muller yang membela Timnas Jerman Barat berhasil mencetak tiga gol ke gawang Yugoslavia di semifinal Euro 1976. Pada pertandingan tersebut, skor akhir yang tercipta 4-2 untuk kemenangan Jerman Barat. Hebatnya Muller sukses mencetak hattrick kendati masuk sebagai pemain pengganti.

Klaus Allofs
Tiga gol yang dicetak Allofs di pertandingan grup ke gawang Belanda menjadi momentum kebangkitan Jerman Barat. Pada Euro 1980 itu Jerman Barat akhirnya sukses menjadi kampiun untuk kedua kalinya.

Michel Platini: 
Pada pertandingan melawan Belgia di penyisihan grup Euro 1984, Platini menunjukkan kemampuannya sebagai predator di depan gawang lawan. Tiga gol yang dicetaknya satu dari titik putih, satu bola muntah serta satu sundulan menunjukkan lengkapnya kemampuan Platini sebagai seorang striker.

Michel Platini:
Tiga hari berikutnya, Platini kembali menunjukkan ketajamannya. Bertemu Yugoslavia, Platini kembali mencatatkan hattrick keduanya di Euro 1984. Hingga kini dua hattrick yang dicatatkan Platini di Euro 1984 menjadikannya satu-satunya orang yang berhasil menciptakan lebih dari satu hattrick di satu turnamen.

Marco van Basten
Hattrick yang dicetak van Basten tercipta ke gawang Inggris di penyisihan grup Euro 1988.

Sergio Conceicao
Gelandang Portugal ini mencoreng pertandingan ke-150 yang dicatatkan Lothar Matthaus. Tiga gol yang disarangkannya ke gawang Jerman di grup Euro 2000 membuat Jerman terhenti di penyisihan grup dengan status sebagai juru kunci klasemen.

Patrick Kluivert
Kluivert mencatatkan hattrick di laga perempatfinal melawan Yugoslavia saat Belanda meraih kemenangan telak 6-1.

David Villa
Penyerang Timnas Spanyol ini mencetak hattrick pada laga grup melawan Rusia. Tiga gol dari Villa membawa Spanyol menang 4-1 atas Rusia.


Artikel Yang Disukai :



 
Copyright © DUNIA OLAH RAGA | Powered by Blogger