OLAHRAGA PENCAK SILAT DI INDONESIA


Pencak silat sebagai bagian dari kebudayaan bangsa Indonesia berkembang sejalan dengan sejarah masyarakat Indonesia.dengan aneka ragam situasi geografis dan etmologis serta zaman yang dialami oleh bangsa Indonesia. Pencak silat dibentuk oleh situasi dan kondisinya. Kini pencak silat kita kenal dengan wujud dan corak yang beraneka ragam, namun mempunyai aspek-aspek yang sama.



Pencak silat merupakan unsur–unsur kepribadian bangsa Indonesia yang dimiliki dari hasil budi daya yang turun temurun. Pencak silat sudah lama sekali diperkenalkan sebagai Indonesia. Hal ini dibuktikan pada saat penjajahan koloni Belanda, pencak silat sudah hadir. Pencak silat dikala itu digunakan untuk melawan penjajah. Bahkan kita sering mendengar legenda bahwa pencak silat sudah dilakukan oleh pendekar dari betawi yang bernama si Pitung. Dikala itu, perlawanan dilakukan secara Individu dengan pencak silat. 


Saat ini pencak silat sudah dilaksakan di berbagai kalangan dan telah banyak menoroh prestasi bahkan sampai dikanca Internasional. Pencak silat sudah diprtandingkan di SEA GAMES dan mulai lebih memasyarakat. Sebagai salah satu warisan budaya, hendaknya kita melestarikan, hal ini dibuktikan dengan banyaknya padepokan pencak silat di tanah air. Meskipun berbeda-beda padepokan tapi pada dasarnya memiliki arti dan tujuan yang sama


Artikel Yang Disukai :



 
Copyright © DUNIA OLAH RAGA | Powered by Blogger